-FOOD & TRAVELLING-
“Sawaddi Kab!”
Salam di atas akan sering terdengar saat kita tiba di Thailand, atau dikenal juga dengan Negeri Gajah Putih. Ketika usia kandungan saya menginjak 24-25 minggu, suami mengajak saya dan mertua untuk liburan ke Thailand. Tujuan utamanya adalah menikmati makanan-makanan khas disana, mengunjungi tempat wisata yang terkenal (seperti Suphattra Land, China Town, Asiatique, dsb), dan tidak ketinggalan belanja juga masuk ke dalam list kami. 
Nah, di Asiatique kami mencoba makanan khas Thailand sebagai berikut :
TOM YUM GOONG
img_0672
Bagi orang awam yang belum pernah ke Thailand sama sekali, cara mudah mengetahui hal-hal unik dan khas di negeri yang akan kita kunjungi adalah dengan memasukkan kata kunci ke “mbah google” dan… keluarlah TOM YUM GOONG. Mungkin sebagian besar orang akan bertanya-tanya, di restaurant Indonesia pun makanan ini dapat dengan mudah kita temui, jadi kenapa harus ke Thailand segala sih?, Jawabannya adalah karena di Thailand cita rasa nya Original, rempah-rempah nya sangat berasa sekali, mulai dari wangi serai, lengkuas, daun jeruk, jeruk nipis, dan cabai. Asam dan pedas nya lebih terasa. Isian nya terdiri dari Udang, Cumi, dan Jamur. Tom Yum adalah menu yang wajib dicicipi apabila kalian mengunjungi Negeri Gajah Putih ini.
PAD THAI
pad-thai
Pad Thai juga termasuk dalam list yang wajib dicicipi di Thailand. Makanan ini terdiri dari mie (kalau di Indonesia lebih mirip kwetiau, tapi lebih tipis dan kecil) dicampur taoge, telur, dan bawang. Lalu ada topping seafood juga seperti Cumi dan Udang. Untuk rasa, makanan di Thailand punya keunikkan sendiri. Di sini rasa asam dan pedas sangat kuat di setiap masakkan yang disajikan. Tidak terkecuali pada Pad Thai. Mie ini identik dengan rasa asam dan pedas, bagi yang sangat suka asam dapat ditambahkan jeruk nipis lagi (yang sudah disediakan di pinggir Pad Thai) 😀
Untuk makan malam tersebut ditambah dengan nasi putih dan minuman, total yang kami habiskan adalah 392 Baht setara dengan Rp 151.700 (1 Baht = Rp 387). Harga tersebut masih termasuk murah untuk makan tiga orang, namun di food court mall nya masih banyak ternyata yang lebih murah lohh!
🙂