Berbagi Cerita Lewat Tulisan

Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Semenjak memiliki seorang putri, saya menjadi lebih peduli dengan pola hidup sehat. Entah kenapa tiba-tiba perasaan takut terjangkit suatu penyakit semakin besar. Ditambah saat baru melahirkan hingga anak berusia 3 bulan, saya sempat masuk angin hampir 6 kali, padahal sebelumnya dapat dikatakan saya jarang sekali sakit. Mungkin setahun hanya sekali saja flu dan batuk. Berbagai artikel kesehatan menjadi pengisi waktu luang dan acara edukasi kesehatan menjadi pilihan utama untuk "hangout" keluar. 

mom-and-daughter
Saya dan Hill di Acara Felancy Blogger Gathering
Ketika memutuskan berhenti bekerja salah satu faktor pendukung adalah kondisi fisik yang semakin hari terasa cepat lelah dan berat badan terus menurun. Sebagai gambaran sekilas sebelum hamil berat badan saya di angka 44 kg, saat hamil naik menjadi 56 kg, dan setelah melahirkan berat badan saya menyentuh angka 39 kg saat usia Hill genap 5 bulan.
berat-badan-setelah-melahirkan
Berat badan saya saat Hill usia 5 bulan
Beberapa alasan kenapa saya menjadi lebih peduli dengan kesehatan adalah :
  1. Saya ingin melihat Hill tumbuh dewasa bahkan sampai dia berkeluarga. 
  2. Setelah melahirkan kondisi fisik saya menurun drastis, yang tadi nya jarang sakit menjadi mudah lelah dan gampang sakit.
  3. Kesadaran bahwa penyakit nomor 1 yang paling sering ditemui dan juga penyebab angka kematian meningkat adalah kanker payudara, dimana wanita lah yang mengalami nya.
Dan ternyata bukan hanya kasus kanker payudara saja yang paling banyak ditemui di Indonesia. Kementrian Kesehatan mencatat bahwa kanker serviks (kanker leher rahim) menempati peringkat kedua untuk jenis kanker yang paling banyak ditemui.

dr-ferry-darmawan-spog
dr. Ferry Darmawan, SpOG
Dalam acara Felancy Moms Beauty Blogger Gathering di Jakarta Selatan, 31 Juli 2018, dr. Ferry Darmawan SpOG menyampaikan bahwa penyebab dari kanker serviks adalah human papillomavirus (HPV). Karena itu deteksi dini amatlah penting, apalagi untuk gejala dari kanker serviks sendiri tidak terlihat apabila masih stadium awal. Selain melakukan vaksinasi, untuk perempuan dari usia 21 - 65 tahun yang sudah pernah berhubungan seksual sangat dianjurkan melakukan pap smear setiap tahunnya.

pap-smear
Pap Smear

vaksinasi-hpv
Vaksinasi HPV
Selain itu pemilihan bahan dari pakaian dalam yang dikenakan juga ternyata sangat penting bagi kesehatan organ kewanitaan kita. Untuk menghindari daerah miss V lembab dan berisiko terkena kanker serviks, dr. Ferry menganjurkan agar para wanita lebih peduli membersihkan area miss V saat buang air kecil dan rajin mengganti celana dalam 2-3 kali sehari.

Pernyataan dr. Ferry sedikit banyak menyentil saya yang lebih sering menggunakan pantyliner dengan alasan kepraktisan. Ternyata penggunaan pantyliner justru lebih tinggi terkena keputihan yang lebih berisiko terkena kanker serviks. 

ibu-untung-endang-suryani-cisc
Ibu Untung Endang Suryani dari komunitas CISC
Dalam bincang santai yang sangat mengedukasi siang itu, Ibu Untung Endang Suryani dari komunitas Cancer Information and Support Centre (CISC) turut membagikan pengalaman nyata saat dirinya divonis mengidap kanker serviks stadium lanjut.
"Saya selama ini merasa menjalani hidup sudah 'bersih', tidak macam-macam, siapa sangka dapat terkena kanker serviks," ungkap wanita tegar yang duduk di hadapan kami. 
Semua berawal dari keputihan saat Desember 2016, tidak ada yang aneh dengan keputihan tersebut, tidak berbau maupun berwarna kuning. Namun, setelah tidak kunjung hilang beliau akhirnya bercerita kepada seorang teman yang dengan sangat yakin menyatakan bahwa itu tanda-tanda Ibu Endang memasuki masa menopause, sehingga disarankan untuk mengkonsumsi obat herbal dan jamu.

Alih-alih membaik, kondisinya justru makin memburuk. Di bulan Januari Ibu Endang menstruasi normal, Februari ada darah yang menggumpal. Maret dan April sempat berhenti, namun setelahnya malah semakin deras menstruasi yang dialami. Bahkan dirinya sampai harus menggunakan diapers yang diganti setiap satu jam sekali.

Suaranya mulai bergetar saat menceritakan bagaimana akhirnya beliau mengikuti saran keluarga untuk ke dokter hingga dirinya divonis kanker serviks stadium 2b. Dia harus menggunakan tampon yang sakitnya luar biasa, sampai dirinya meminta sang Pencipta untuk mengambil saja nyawanya. Namun sang Kuasa punya rencana berbeda, Dia memakai Ibu Endang untuk memberikan kekuatan bagi para wanita lainnya. Setelah melalui pengobatan sinar selama 18 kali dan kemoterapi kondisinya mulai membaik.

"Pembelajaran dari apa yang saya alami adalah segera konsultasi ke dokter apabila merasa ada yang tidak beres dengan kondisi tubuh kita, jangan coba-coba mengobati sendiri dengan herbal ataupun jamu. Karena sudah ada bukti nyata bahwa itu sia-sia, yaitu saya sendiri." Tegas Ibu Endang sambil menutup sesi sharing dari dirinya.
ibu-agnes-dewi-pt-megariamas-sentosa
Ibu Agnes Dewi, Marketing Manager PT Megariamas Sentosa
Felancy yang awalnya merupakan produsen baju tidur wanita dan saat ini telah berkembang menjadi spesialisasi di bidang pakaian dalam wanita, sebagai bentuk kepeduliannya terhadap kaum wanita mengadakan educative talkshow dan workshop dengan menggandeng tabloid Nova dan Grid sebagai media partner di acara tersebut. Felancy mengajak para wanita untuk lebih peduli terhadap kesehatan Miss V sejak dini.

Di bawah naungan PT Megariamas Sentosa, hingga saat ini Felancy telah memiliki lebih dari 400 outlet yang tersebar di seluruh Indonesia dan memiliki koleksi produk yang komplit seperti bra, panty, corset, body suit, dan sleepwear. Produk Felancy melalui R&D tim khusus melakukan product development yang telah disesuaikan dengan bentuk tubuh wanita Asia.

koleksi-bra-felancy
Koleksi Bra Felancy
Seperti yang disampaikan dr. Ferry bahwa pemilihan bahan dasar dari pakaian dalam wanita amatlah penting, maka selain warna dan bentuk pakaian dalam Felancy yang terlihat menarik, apabila kita pakai produk Felancy terasa nyaman dipakai.

panty-felancy
Koleksi Panty Felancy
Saya pribadi telah menggunakan panty dan sleepwear (baju tidur) dari salah satu koleksi Felancy. Bahan panty nya sendiri adalah katun yang mampu menyerap keringat di area miss V kaum wanita, karena selain menjaga kulit wajah, sangatlah penting bagi kita memastikan kulit di area miss V tetap kering dan bersih. Dengan menggunakan panty dari Felancy dan rutin mengganti 2-3 kali sehari, saya merasa area miss V selalu kering dan keputihan berkurang.

Yang tidak kalah nyaman juga adalah baju tidur dari Felancy. Bahannya adem dan motifnya walau minimalis tetap terlihat lucu dengan warna-warna pastel yang lembut. Akan lebih menyenangkan apabila Felancy memberikan ukuran di setiap koleksi baju tidurnya, karena ukuran free size selalu kebesaran di badan saya yang imut ini. Hehee.

sleepwear-felancy
Sleepwear Felancy
Sebelum menutup rangkaian acara yang sangat mengedukasi tersebut, para peserta dibekali cara mengukur bra, karena ukuran yang sesuai juga merupakan faktor penting bagi kesehatan payudara wanita dan memastikan sirkulasi darah di sekitar payudara tidak terganggu.

cara-menentukan-ukuran-bra-yang-sesuai
Cara Menentukan Ukuran Bra yang Sesuai

cara-cepat-menentukan-ukuran-bra
Cara Cepat Menentukan Ukuran Bra
Menutup sesi gathering siang itu, seluruh peserta diberikan masing-masing peralatan DIY (Do It Yourself) untuk membuat kata-kata penyemangat  (quotes) bagi para sahabat wanita kita yang sedang berjuang melawan kanker serviks dimanapun mereka berada.

diy-workshop-felancy-bloggers-gathering
Hasil DIY Peserta Workshop
Ada pertemuan ada pula perpisahan, setelah menyantap makan siang saya pun berfoto bersama dengan seluruh blogger, narasumber, MC, dan juga EO dari Unicorn Adcom.

felancy-moms-beauty-blogger-gathering
Foto Bersama Felancy Moms Beauty Blogger Gathering
Di setiap event selalu ada "hadiah" yang saya terima, dan hari itu saya mendapatkan ilmu yang sangat berarti dan membuka mata saya untuk lebih aware dengan perubahan yang terjadi di area kewanitaan saya.
Terkadang kita terlalu sibuk mengejar impian dan lupa akan kesehatan, padahal impian dapat dicapai bila kita sehat, namun kesehatan yang hilang tidak dapat dikembalikan oleh impian. -WennyKT

43 comments:

  1. Replies
    1. Iyaaa benar mom, sebagai wanita harus peduli kesehatan diri sendiri juga. :)

      Delete
  2. ka wenny baju tidurnya bagusss.. talkshow kesehatan selalu menarik ya karena menambah point positif buat diri kita sendiri dan orang disekitar kita

    ReplyDelete
  3. Menjaga kesehatan miss v sangat amat penting ternyata yah mbak, semoga dengan tulisan ini banyak yang lebih aware menjaga kesehatan miss v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mbak, aku pun kemarin rada cuek sebelum ikut talkshow ini :(

      Delete
  4. tjakep banget mom closing quotes-nya... semakin tambah umur emang semakin harus perduli dengan kesehatan yah, terutama miss v ini.. tfs wen

    ReplyDelete
  5. Gimana sih Moms caranya bisa ikutan event bagus gini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di share di FanPage biasanya mom. Nanti dipilih langsung oleh kliennya.:)

      Delete
  6. Bagus bgt infonya, terimakasih mama Hill

    ReplyDelete
  7. Happy2 ya acara gathering kemarin.. . Dapat ilmu pengetahuan tentang kanker serviks plus tanda mata yg banyak dr Felancy. Felancy mendukung kesehatan wanita ya dg produk2 pakaian dalam yg nyaman dipakAi 😊

    ReplyDelete
  8. Itu baju tidur yang dipakai warnanya cakep mak :)

    ReplyDelete
  9. Serem yaa penyakit ini bener2 bisa mematikan penderitanya. Aky salut banget sama ibu untung yang tetap kuat dan berjuang demi kesehatannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mbak. Selalu salut sama para survivor cancer yang selalu menginspirasi wanita lainnya.

      Delete
  10. dari event kemaren aku jadi tersadarkan mak, bahwa kesehatan organ intim kita juga harus diperhatikan. semoga aku gak drama ya pas mau papsmear demi semuanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener mom. Tugas wanita selain mengurus suami dan anak juga harus pintar mengurus kesehatan pribadi ya :)

      Delete
  11. Acaranya keren banget, semoga b=makin banyak acara keren kayak yang dibikin Felancy ini yaa

    ReplyDelete
  12. Sayang yah belum berjumpa kmrn pas acara felancy padahal aq ikut juga salam kenal mba

    ReplyDelete
  13. Trakhir papsmear 2thn lalu . Thn ini harus periksa lagi nih. Sekalian aku blm prnh vaksinnya :). Sereeem ama kanker serviks dan payudara ini :(

    ReplyDelete
  14. Pdhl gejala yang dialami Ibu Endang kyknya gak bahaya, ternyata kena kanker serviks. Emang kalau ada apa2 sama organ kewanitaan kita sebaiknya lansgung periksa ya. Bila perlu lakukan jg deteksi dini TFS

    ReplyDelete
  15. mungilnya dirimu, hihih. eh iya lho BBku turuuuun ketika menyusui dan ngurus anak. Setelah disapih ya kembali ke bentuk semula. hahaha...

    ReplyDelete
  16. Aku pake dah lama mba merk ini memang enak dipakenya kok terus nyaman itu yg penting

    ReplyDelete
  17. Nyaman banget ya pakai felancy. Aku juga punya beberapa underwear dari felancy, tapi belom semua. Hihihi

    ReplyDelete
  18. Wah setelah melahirkan malah turun ya berat badannya..Enak beneer

    ReplyDelete
  19. Terkadang perempuan tidak terlalu memperhatikan pakaian dalam ya, jadi asal milih padahal berdampak dpa organ V kita

    ReplyDelete
  20. Km harus sehat terus sampe punya cucu yg banyak hihihhi. Thanks for sharing ya Wen, ilmunya sangat berguna. Btw itu baju tidurnya lucuuuuuu hihihhi.

    ReplyDelete
  21. Baru tau pantyliner itu tdk bagus , terimakasih sharingnya bagus bngt y

    ReplyDelete
  22. Jangan lupa deteksi dini dan menjaga kebersihan dan kesehatan juga pola hidup sehat ya. Semoga kita terhindar penyakit kanker serviks dan yang lainnya.

    ReplyDelete
  23. Aku tadinya juga suka pakai pentiliner mak, eh ternyata malah kurang bagus ya untuk miss v dan serviks. Thanks for sharing :)

    ReplyDelete
  24. Menjaga kebersihan dan kesehatan miss V menjadi hal yg sangat penting utk setiap wanita. Sharingnya bermanfaat ya mba

    ReplyDelete
  25. Nah, khan meskipun sudah menjaga kebersihan dan pola hidup sehat, tetap ya melakukan pemeriksaan dini tetap penting. Semoga kita dijauhakan dari penyakit yang menakutkan ini ya Mba, buar kita bisa melihat anak2 tumbuh dewasa. Aamin

    ReplyDelete
  26. Yuk ah sadari dan deteksi dini kanker serviks dengan melakukan pap smear. Jangan sampai kita terlambat mengetahui, malah bisa ga selamat nantinya.

    ReplyDelete
  27. Kanker serviks ini menjadi salah satu penyakit yg bnyk merenggut nyawa wanita. Apalagi bnyk yg terlambat taunya, jd makin susah pengobatannya

    ReplyDelete
  28. Keren ya acaranya Mba. Yang namanya kanker serviks memang menyeramkan. Maka dari itu sangat penting menjaga kesehatan dan kebersihan miss v

    ReplyDelete
  29. Jadi inget blom papsmear huawaaaaaa mamaci diingetin mba. Habis ini dijadwalkan segera!

    ReplyDelete
  30. Khawatir tapi kepo juga ih sama penyakit ini. Memang harus kepo biar tau dan makin kenal ya agar kemudian bisa dihindari

    ReplyDelete

Yuk berbagi cerita kalian disini

Bottom Ad [Post Page]