Thursday, November 29, 2018

Hal Yang Menghambat Si Kecil Belajar Makan Sendiri


Pernah nggak Moms merasa galau mau biarin anak makan sendiri? Dulu sewaktu Hill awal MPASI saya sudah punya banyak rencana, umur sekian Hill sudah bisa pegang sendok sendiri, umur segini udah bisa makan sendiri, dan rencana lainnya. Beberapa rencana berjalan lancar, lainnya tersendat, termasuk rencana Hill sudah harus makan sendiri sebelum usia 2 tahun. Kenyataannya di umur Hill 2 tahun 2 bulan masih saya suapin dan lari sana sini.

Alasan kenapa Hill belum berhasil makan sendiri adalah SAYA, iya saya, Mamanya Hill. Berikut 2 (dua) hal utama penyebab kenapa saya menjadi penghambat si kecil belajar makan sendiri :

1. Tidak Mau Rumah Kotor

Rumah kotor adalah resiko dalam setiap pembelajaran kepada si anak, terutama saat belajar makan sendiri dan kita harus sabar saat melihat piring terbalik. Ketika si anak betah duduk di meja makan mungkin hanya meja makan saja yang perlu dibersihkan, tetapi lain hal bila si anak makannya tidak mau diam, seperti Hill, hanya bertahan 5 menit di meja makan, selebihnya harus di ruang tamu, sehingga makanan bisa tercecer di sofa, lantai, dan meja tamu.

2. Ingin Cepat Selesai

Saat membiarkan si kecil makan sendiri, tentu saja waktu selesai makan si kecil akan mundur. Pertama karena si kecil masih proses belajar menyendok makanan yang belum semahir kita tentunya, kedua karena si kecil kurang fokus dengan makanannya.

Padahal untuk mendapatkan hasil selalu ada “proses”, dan setiap proses yang dilalui pastilah banyak tantangan yang harus dihadapi, entah piring terbalik, makanan jatuh, rumah berantakkan, waktu makan anak jadi lebih lama, dan tantangan lainnya. Nah, dari semua tantangan tersebut di tulisan kali ini saya akan bahas mengenai penggunaan alat makan untuk anak sebagai solusi piring terbalik.

Miniware mommas choice
Cherry Blossom

Sebenarnya sekarang sudah lumayan beredar beberapa peralatan makan khusus anak yang anti tumpah/ terbalik, salah satunya adalah produk miniware dari Mommas Choice yang berasal dari USA. Keunggulan dari Mommas Choice ini adalah :
  1. Alami dan Ramah Lingkungan, karena terbuat dari Bamboo Fiber
  2. Aman, FDA, SGS, RoHS approved
  3. Free from Phthalates, BPA, PVC
Mommas Choice ada 3 (tiga) macam, yaitu :
  • Cereal Bowl (ini yang Hill punya)
  • Snack Bowl
  • Sandwich Plate

Semua Miniware ini ada sunctionnya dan BISA DILEPAS, jadi bakal long lasting, ketika si anak sudah dapat makan dengan tenang sunction tersebut dapat dilepas. Untuk detail produk dan cara pemasangan dapat langsung dilihat di video Hill ya Moms.

Happy Sharing.



18 comments:

  1. Waduh untuk no.1 & 2 koq saya banget ya *tepokjidat
    Memang harus sabar untuk nyuapi si kecil ya mom, dan peralatan makannya juga harus yang terbuat dari bahan yang aman juga ramah lingkungan, seperti Miniware ini.

    ReplyDelete
  2. Anak-anakku blw dari awal MPASI lancar sih makan sendiri. Tapi abangnya umur 3 tahun udah gak mau makan sendiri wajib suapin hehe gak tau nih adeknya. Enak ya bowl ini jadi gak tumpah, secara anak klo makan kan ditarik-tarik piringnya

    ReplyDelete
  3. Wah keren ya inovasinya. Orang indonesia pintar2. Tidak lama lagi bakal banyak barang serupa deh kayanya...

    ReplyDelete
  4. Owalah, sunction itu maksudnya semacan perekat di bawah mangkuknya itu ya mom? Bagus juga sih, baru tau aq. Kalo gini pasti bisa bikin makanan tetep di tempat & gak tumpah kemana2

    ReplyDelete
  5. Benar banget mom aku awal2 males banget lihat rumah kotor dan males bersih2. Malah jadi manja maunya di suapin aja. Pas aku berusaha ikhlas gak apa deh kotor yang penting bisa makan sendiri... alhamdulilah jadi bisa dia

    ReplyDelete
  6. Wah aku banget nih males klo rumah kotor klo anak makan sndri makanya sampe skrg ankku yg 2,5tahun msh aku suapin

    ReplyDelete
  7. kuakui adalah mamak2 yang ga sabaran bangett kalau anak makan sendiri lama krn si sulunh begitu makannya lama banget bisa sampe 1 jam mba makanya kadang aku suapin huhuhu btw lucu manget miniwarenya yah

    ReplyDelete
  8. Mengajar si kecil biar makan sendiri dengan cara aman yah mbak dengan produk miniware

    ReplyDelete
  9. Jadi keinget keponakan waktu masih balita. Dulu keponakanku emang agak susah kalau disuruh makan sendiri karena minta disuapin. Tapi kalau sekarang udah 7 tahun jadi nggak pernah minta disuapin.

    ReplyDelete
  10. Jadi keinget keponakan waktu masih balita. Dulu keponakanku emang agak susah kalau disuruh makan sendiri karena minta disuapin. Tapi kalau sekarang udah 7 tahun jadi nggak pernah minta disuapin.

    ReplyDelete
  11. Zaman anak-anak saya masih kecil, belum ada peralatan begitu. Tetapi, saya nikmatin aja anak-anak belajar makan meskipun bikin ruangan jadi berantakan hehehe. Nah, sekarang udah ada alat yang membantu. Semoga semakin banyak orang tua yang mau mengajarkan anak supaya mau makan sendiri, ya

    ReplyDelete
  12. Wah pas banget sih ini produk yang aku pengenin buat menemani anakk mpasi. Makasih mbak infonya..

    ReplyDelete
  13. Ahaha iya mba idem banget nih sama aku. Aku ngga mau banget liat rumah kotor dan ngga sabaran juga liat si kecil makan nya lama. Jd kita mau ngapa2in jd ngga bisa krn makan si kecil blm beres. Sekarang sdh ada solusi nya sehingga si kecil bisa makan tanpa berantakan ya mba

    ReplyDelete
  14. Alhamdulillah anak2 udah makan sendiri sejak dulu. Biasanya aku awasin. Kalau lbh dari 30 menit blm selesai baru aku bantuin suapin sisa2 makanannya mbak. Btw bagus plate dan bowl-nya, warnanya girlie hehe

    ReplyDelete
  15. Kalau dulu aku malahan nungguin momen anakku saat makan dan suka memintanya mencoba belajar makan sendiri. Awalnya agak capek kalau harus beberes sehabis makan, tapi ini justru momen langka yang sayang untuk aku lewati.

    ReplyDelete
  16. Ih iyaaa bener banget! Akupun begitu, ga mudah percaya sama anak. Akhirnya dia mayoritas disuapin. Baru pas 20 bulan pluplus dia makannya lama. Mau makan sendiri ternyata hahaha

    ReplyDelete
  17. Wah asyik bangets sekarang ada peralatan makan khusus anak yang anti tumpah/ terbalik, produk miniware dari Mommas Choice. Jadi terbantu deh para Mommies

    ReplyDelete
  18. Aku tuh kadang ngerasa bahwa suap anak makan tuh memang butuh ketelatenan banget. Untungnya skarang ada miniware ya yang pas buat anak

    ReplyDelete

Yuk berbagi cerita kalian disini