Thursday, November 29, 2018

Hal Yang Menghambat Si Kecil Belajar Makan Sendiri


Pernah nggak Moms merasa galau mau biarin anak makan sendiri? Dulu sewaktu Hill awal MPASI saya sudah punya banyak rencana, umur sekian Hill sudah bisa pegang sendok sendiri, umur segini udah bisa makan sendiri, dan rencana lainnya. Beberapa rencana berjalan lancar, lainnya tersendat, termasuk rencana Hill sudah harus makan sendiri sebelum usia 2 tahun. Kenyataannya di umur Hill 2 tahun 2 bulan masih saya suapin dan lari sana sini.

Alasan kenapa Hill belum berhasil makan sendiri adalah SAYA, iya saya, Mamanya Hill. Berikut 2 (dua) hal utama penyebab kenapa saya menjadi penghambat si kecil belajar makan sendiri :

1. Tidak Mau Rumah Kotor

Rumah kotor adalah resiko dalam setiap pembelajaran kepada si anak, terutama saat belajar makan sendiri dan kita harus sabar saat melihat piring terbalik. Ketika si anak betah duduk di meja makan mungkin hanya meja makan saja yang perlu dibersihkan, tetapi lain hal bila si anak makannya tidak mau diam, seperti Hill, hanya bertahan 5 menit di meja makan, selebihnya harus di ruang tamu, sehingga makanan bisa tercecer di sofa, lantai, dan meja tamu.

2. Ingin Cepat Selesai

Saat membiarkan si kecil makan sendiri, tentu saja waktu selesai makan si kecil akan mundur. Pertama karena si kecil masih proses belajar menyendok makanan yang belum semahir kita tentunya, kedua karena si kecil kurang fokus dengan makanannya.

Padahal untuk mendapatkan hasil selalu ada “proses”, dan setiap proses yang dilalui pastilah banyak tantangan yang harus dihadapi, entah piring terbalik, makanan jatuh, rumah berantakkan, waktu makan anak jadi lebih lama, dan tantangan lainnya. Nah, dari semua tantangan tersebut di tulisan kali ini saya akan bahas mengenai penggunaan alat makan untuk anak sebagai solusi piring terbalik.

Miniware mommas choice
Cherry Blossom

Sebenarnya sekarang sudah lumayan beredar beberapa peralatan makan khusus anak yang anti tumpah/ terbalik, salah satunya adalah produk miniware dari Mommas Choice yang berasal dari USA. Keunggulan dari Mommas Choice ini adalah :
  1. Alami dan Ramah Lingkungan, karena terbuat dari Bamboo Fiber
  2. Aman, FDA, SGS, RoHS approved
  3. Free from Phthalates, BPA, PVC
Mommas Choice ada 3 (tiga) macam, yaitu :
  • Cereal Bowl (ini yang Hill punya)
  • Snack Bowl
  • Sandwich Plate

Semua Miniware ini ada sunctionnya dan BISA DILEPAS, jadi bakal long lasting, ketika si anak sudah dapat makan dengan tenang sunction tersebut dapat dilepas. Untuk detail produk dan cara pemasangan dapat langsung dilihat di video Hill ya Moms.

Happy Sharing.



No comments:

Post a Comment

Yuk berbagi cerita kalian disini