Friday, November 30, 2018

Dukung Hebatnya si Kecil Dan Gali Potensinya

Halo Moms, sadarkah bahwa seringkali karena beberapa hal sederhana berikut kita justru dapat menghambat perkembangan si kecil,

1. Takut rumah kotor dan berantakkan
2. Tidak mau si kecil kotor sedikit pun
3. Membatasi eksplorasi si kecil dengan alasan bahaya, dan sebagainya

Padahal sebenarnya semua bisa diatasi, rumah kotor dan berantakkan nanti bisa kita bereskan. Anak kotor kita mandikan atau bersihkan dengan lap, bahaya bisa kita minimalisir dengan tetap mengawasi si kecil dalam setiap kegiatan sambil diberitahu resiko nya. TAPI 1000 hari pertama si kecil tidak dapat kita ulang.

Oatmeal chocochips
Si Kecil yang selalu ingin nimbrung

Nah, sudah tugas kita sebagai orangtua selalu mendukung setiap kegiatan positif yang dilakukan si kecil. Saya pun tiap kali mau masak atau bikin kue, Hill pasti minta ikut lihat (yang ujung-ujungnya udah pasti dia mau ikutan megang ini itu dan aduk sana sini). Bagi saya pribadi ini menyenangkan karena rasa ingin tahu si anak yang besar dan berharap mengajari sejak dini membuatnya lebih cepat mengerti. Karena saya percaya untuk mencapai hasil butuh proses, semakin cepat proses itu dilewati semakin cepat pula perkembangan si anak terlihat.

Kalau sudah terlihat yang bahagia kita sendiri sebagai orangtua kan? :-)

Dan dukungan dari orangtua (Moms & Dads) sangat penting untuk perkembangan si kecil, seperti:

1. Perilaku Yang Lebih Tenang

Anak yang mendapat dukungan dari orangtua biasanya lebih tenang saat menghadapi tantangan (misal ketika mencoba makan sendiri dan berantakan, daripada kita ngeluh "duh pelan2 donk makannya", "ayo yang bener jangan berantakkan", lebih baik diubah menjadi kalimat, "gpp terus coba ya, nanti kamu pasti bisa makan dengan benar).

2. Meningkatkan Kepercayaan Diri Pada si Kecil

Ya, sama hal seperti kita saja kalau pasangan bilang, "coba deh kamu bikin kue ini, keliatannya mudah dan bisa kamu lakukan." Kita jadi semangat pengen coba sambil tersipu malu dalam hati kan? #curcol, hihii. Tentunya dukungan tersebut harus menggunakan kalimat positif ya Moms.

3. Perkembangan Kognitif dan Motorik

Dengan membiarkan si kecil membantu kita di dapur dan memegang berbagai peralatan yang aman (tentunya di bawah pengawasan kita), si kecil dapat merasakan berbagai macam bentuk dari setiap barang yang digenggam, melihat beragam warna dari sayur yang akan dimasak, dll. Kita pun dapat menyelipkan pembelajaran seperti mengenal konsep besar kecil, warna-warna, dan tekstur sambil menyenangkan hati si kecil yang merasa sedang "bermain".

4. Mengetahui Potensi si Kecil Sejak Dini

Dengan membiarkan si anak melakukan berbagai kegiatan, kita dapat melihat potensi si kecil dan dapat terus menggalinya bahwa memang disitu potensi dirinya.

Nah, banyak kan Moms ternyata manfaat dari mendukung keingintahuan si kecil? Yuk biarkan si kecil bereksplorasi dan mari dukung sepenuhnya dari sekarang.

Happy sharing :-).

No comments:

Post a Comment

Yuk berbagi cerita kalian disini