Saturday, May 26, 2018

Kuman Pergi Hati Tenang Dengan Mitu Baby Antiseptic

Hi Mommies!

Siapa yang semenjak ada si kecil jadi higienis bangettt? Semuanya pengen serba bersih. Bagi saya perubahan yang drastis semenjak kehadiran si kecil adalah habis megang benda apapun langsung cuci tangan. Mau yang terlihat kotor ataupun seolah-olah bersih seperti remote televisi, majalah atau buku, bahkan stroller si kecil. Apakah salah "ke-lebay-an" saya itu? Gak kok, hal-hal yang saya lakukan sangat wajar sebagai seorang ibu, apalagi ibu baru yang belum ada pengalaman. Bukankah ada pepatah yang mengatakan lebih baik mencegah daripada mengobati?
Bersih gak ya??
Nah, kalau untuk diri sendiri, mau mengontrol hal tersebut sebenarnya sangat mudah banget, karena sudah ada kesadaran akan pentingnya kebersihan bagi si kecil yang daya tahan tubuhnya masih belum kuat. Tapi bagaimana bila si kecil yang terus bertumbuh dan sudah dapat memegang benda-benda di sekelilingnya, sudah dapat berlari, bahkan memanjat perosotan seperti Hill. Kalau istilah dulu rasanya nano-nano (aih jadi kangen sama itu permen :D ), ada rasa cemas kalau pas lengah si kecil tiba-tiba masukkin jari tangan ke mulut, ada juga rasa geregetan udah dibersihin eh megang yang kotor-kotor lagi donk, bahkan sampai perasaan pasrah "ya udahlah biarin kotor aja sampe puas".
Hill Yang Senang Bereksplorasi
Tapi mau secuek apapun namanya naluri seorang ibu, tetap saja dengan sigap saya bersihkan tangan si kecil. Kalau di rumah saya pakai lap basah untuk membersihkan tangan Hill, sementara diluar rumah saya pakai tisu basah bayi antiseptik yang lebih praktis. Sebenarnya sih sempat niat bawa lap basah untuk bepergian tapi kok ya bingung gitu, wadah nya gimana, nanti bilasnya kudu cari air bersih, dan pertimbangan lainnya. Karena banyak bingungnya akhirnya jatuhlah pilihan saya pada Mitu Baby Antiseptic. Saya sendiri sudah familiar dengan mitu sejak masih di bangku sekolah yang mempunyai jingle: "ambil mitu, ambil lagi, ambil mitu, ambil lagi, ambil lagi, ambil mitu."
Mitu Baby Gathering 
Nah, jingle itu yang terus berkumandang sebelum acara Mitu Baby Gathering yang mengangkat tema Wipes Away Germs and Your Worries dimulai. Dalam acara tersebut hadir dr. Herbowo Agung Soetomenggolo, SpAK, yang memberikan edukasi mengenai fakta-fakta seputar kesehatan si kecil terutama tentang KUMAN. Berikut fakta-fakta yang dipaparkan oleh dr. Herbowo :
  • Angka kematian balita adalah 26 per 1000 kelahiran hidup.
  • Sebagian besar kematian tersebut adalah karena infeksi.
  • Penyebab infeksi adalah KUMAN yang berupa bakteri, virus, jamur, parasit.
  • Penyebab kematian terbanyak: Pneumonia, diare, meningitis, DBD, campak, TBC, dan malaria.
  • Kuman paling banyak berada di toilet umum, sekolah, tempat penitipan anak, transportasi umum, dan rumah sakit.
  • Anak-anak sudah terpapar kuman sejak kecil, persentase menurut tingkatan usia sebagai berikut:
    • 24% Babies (0-1 tahun)
    • 33% Toddlers (1-3 tahun)
    • 43% Pre-K (3-4 tahun)
  • Kamar tidur merupakan tempat yang paling banyak kuman.
  • Stroller dan mainan menjadi tempat bersarang kuman yang paling banyak.
  • Penyebaran kuman adalah melalui :
    • Udara (batuk, bersin).
    • Kontak langsung (bersentuhan dengan area terinfeksi atau cairan tubuh).
    • Kontak tidak langsung (bersentuhan dengan benda-benda yang telah mengandung kuman).
Mommies serius mendengarkan penjelasan dr.Herbowo Agung Soetomenggolo, SpAK.
Lalu bagaimana cara mencegah kuman? Sebelum mengikuti acara Mitu Baby Gathering jawaban saya sangat singkat, cuci tangan sebelum megang si kecil dan membersihkan benda-benda yang akan dipegang oleh si kecil. Ternyata bukan cuma 2 hal itu saja cara pencegahan yang dapat mommies lakukan. Menurut dr. Herbowo beberapa cara mencegah kuman adalah :
  1. ASI eksklusif
    • Yang dimaksud ASI eksklusif adalah pemberian ASI selama 6 bulan pertama tanpa pemberian makanan tambahan ataupun susu formula.
  2. Imunisasi
    • Untuk imunisasi sebenarnya saya sempat salah paham, di pikiran saya setelah imunisasi si kecil tidak akan terkena penyakit tersebut sama sekali, contoh: setelah vaksin influenza Hill tidak akan kena flu sama sekali atau setelah imunisasi campak maupun cacar. Ternyata pemahaman saya akan imunisasi salah besar. Maksud pemberian imunisasi sebenarnya supaya saat si kecil terkena sakit tersebut dampaknya tidak separah apabila belum mendapat imunisasi.
  3. Makanan bergizi
    • Pemberian menu makanan pendamping ASI (MPASI) sesuai dengan pola gizi seimbang.
  4. Menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan
    • Mandi minimal 2 kali sehari dan rajin membersihkan rumah dari debu juga mainan-mainan si kecil.
  5. Mencegah penyebaran kuman 
    • Menutup mulut saat bersin atau batuk
    • Menggunakan produk dengan kandungan antiseptik, seperti tisu basah bayi antiseptik
    • Mencuci tangan
    • Tidak menyentuh mata, hidung, mulut setelah menyentuh barang di area umum
    • Membersihkan benda yang digunakan di area umum
dr. Herbowo Agung Soetomenggolo, SpAK (kiri) dan Ibu Sabrina Purba (tengah)
Menjawab fakta-fakta mengenai kuman dan permasalahan higienitas yang dihadapi mommies, Mitu Baby Antiseptic hadir dengan formulasi antiseptic alami yang memiliki fungsi 3 in 1 sebagai berikut:
  1. TEA TREE OIL, sebagai antiseptik alami yang telah teruji melindungi kulit bayi dari bakteri.
  2. EMBOSSED WIPES, permukaan khusus dengan teknologi emboss di permukaan tisu yang membersihkan kuman lebih efektif.
  3. MOISTURIZER, untuk menjaga kulit bayi supaya tetap lembut dan sehat.
Games mencari si kuman 
Ibu Sabrina Purba selaku Brand Manager dari Godrej Indonesia, juga mengungkapkan bahwa selain mitu baby antiseptic, penggunaan tisu basah dapat disesuaikan dengan varian mitu yang ada seperti mitu fresh & clean yang dapat digunakan untuk membersihkan alat makan si kecil, mitu ganti popok untuk membersihkan si kecil saat akan ganti popok, serta mitu new baby sensitive yang sangat cocok untuk kulit bayi baru lahir yang sangat sensitif. Di tengah acara edukasi untuk mommies, Ibu Sabrina mengadakan mini games yang jawabannya sudah disampaikan oleh dr. Herbowo, yaitu menempelkan stiker mitu baby antiseptic di tempat-tempat kuman yang banyak berada. Games seru sekaligus jebakan nih, pada dengerin gak ya mommies waktu pak dokter jelasin, hehee.
Mitu Baby Antiseptic Wipes
Dari materi yang disampaikan dr. Herbowo Agung Soetomenggolo, SpAK dan Ibu Sabrina Purba saya mendapatkan jawaban dari pertanyaan yang selama ini hanya mengambang di benak saya saja, yaitu :
  1. Ternyata saya gak lebay, kuman memang ada di sekitar anak saya bahkan ternyata di kamar tidur dan mainan-mainan miliknya! Yang saya sesali kenapa tidak terpikirkan membersihkan mainan anak saya setiap sebelum digunakan olehnya. (T.T)
  2. Seletih dan selelah apapun sebagai seorang ibu, kebersihan rumah tetap hal utama demi kenyamanan dan kesehatan buah hati kita.
  3. Mitu baby antiseptic dapat membantu saya dan mommies lebih ringkas dan cepat membersihkan tangan hingga mainan-mainan si kecil, tinggal "ambil mitu, ambil lagi, ambil mitu, ambil lagi, ambil lagi, ambil mitu."
  4. Penggunaan tisu basah ternyata tergantung variannya, selama ini saya gunakan satu varian untuk semua (>,<)!
Solusi praktis saya, Mitu Baby Antiseptic donkk!
Mungkin sempat terlintas di benak mommies, "ah biar meminimalisir si kuman anak jangan dikasih bermain keluar rumah, jangan kasih mainan, jangan ini, jangan itu, dan jangan lainnya." Eitsss jangan berpikir seperti itu ya moms! Karena perkembangan 1000 hari pertama si kecil sangat berarti, dimana dalam jangka waktu tersebut justru si kecil kesayangan kita harus banyak bereksplorasi terhadap lingkungan sekitar. Hal tersebut disampaikan oleh seluruh dokter anak yang pernah saya ikuti seminarnya. Jadi, daripada menghambat tumbuh kembang si kecil, sebaiknya kita cari solusinya. Dan saya sudah sampaikan solusi paling praktis tersebut di atas. So, selanjutnya pilihan ada di tangan mommies, karena saya percaya setiap ibu menginginkan yang TERBAIK untuk anak-anaknya! \(^.^)/

Happy sharing and keep caring each other mommies!

MITU BABY GATHERING

42 comments:

  1. Saya juga pakai mitu apalagi sekarang ada yang hand and mouth harganya lebih terjangkau dari merk sebelah. Trims juga sharingnya mba.

    ReplyDelete
  2. Wah, Mitu ini selalu jadi andalan nih. Makin mantap dengan kandungan antikumannya, ya...

    ReplyDelete
  3. Ambil mitu ambil lagi ambil lagiii kesukaan sejak dulu mitu ini

    ReplyDelete
  4. Wangi nya enakk yah mitu ini😍

    ReplyDelete
  5. Ga hanya baby-nya sih yang pake Mitu tapi mamak juga doyan buat ngelap sisa makeup jadi selalu nyetok. Belinya pasti yang big pack sama yang small pack untuk ditaro di tas dan dibawa pergi kemana-mana hihi

    ReplyDelete
  6. Aku pakai mitu harganya ekonomis dan kualitas nggak kalah bagus sama yang lain

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  8. Terima kasih ilmunya ya Mom wen.. Mitu benar2 jadi solusi untuk membersihkan kuman.. Kuman ini musuh terrrrrbesarnya Ibu2.. Aku sll worry kalau si Kecil main di taman.. Tp dgn info ini, nnt aku cb sll bawa mitu baby wipesnya. 😍

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. Thanks for share mom, bertambah Ilmu saya

    ReplyDelete
  11. Selalu bawa ini kalo traveling.
    Pas anaknya kecil bawanya yang ukuran gede, pas anaknya udah gede bawanya cukup yang sedang/mini.

    ReplyDelete
  12. Mitu juga andalan aku banget ini dan emang selalu bawa yang hijau ini di tas, apalagi kalau pergi sama bocah tisue basah harus ada didalam tas. Karena kuman ada dimana-mana.

    ReplyDelete
  13. Kelihatannya bersih, eh ternyata banyak kumannya ya. Kayak remot, mainan dan stroller. Lebih teliti lagi deh terhadap kuman dengan tisu basah antiseptik ini.

    ReplyDelete
  14. Saya jg dirumah slalu ada produk mitu krn berkualitas.

    ReplyDelete
  15. Anak2 memang rentan kena kuman karena imunitasnya rendah ya. Harus sering dibersihkan pakai Mitu.

    ReplyDelete
  16. Mitu itu dipakenya enak, ga bikin kulit kering. Aku pake mittu di rumah buat anak anak juga buat ibuku yg sudah lansia kalau lagi pergi pergi 😊

    ReplyDelete
  17. aku juga selalu ada ini dalam tas mbak, bawa mitu enak karna ukurannya banyak jenisnya. jadi bisa masuk tas pulaa.. aman buat anak biar higinis selalu yaa mbak, wangi nya pun enak gak terlalu strong, aku yg emak2 aja suka apalagi anak2 yaa, pasti sukaa jugaa sm mitu

    ReplyDelete
  18. Mitu nyaman dipakai ya mba, tebal lagi. Cocok dibawa kemana-mana, pokoknya senjata ampuh buat ibu yang bawa anaknya jalan2

    ReplyDelete
  19. Wah..ada yang baru ya mitu. Aku dari anak pertama lahir selalu sedia mitu, merk yang terpercaya ya.

    ReplyDelete
  20. Aku pun pakai Mitu baby buat anak-anak sekalian buat aku juga kalau mau cuci tangan ga perlu pake air tinggal sediakan tisu basah aja.

    ReplyDelete
  21. Jingle lagunya dulu khas bgt sama produk ini. Sejak ada kemasan yg praktis, jd terjangkau harganya. Meski blm punya baby saya juga suka gunain klo lagi berpegian
    Hehehe

    ReplyDelete
  22. Kayaknya semua orang pakenya tisu mitu deh. Soalnya emang lembut, dan wangi sih. Enak buat ngelap wajah dari debu dan kotoran. Seger...

    ReplyDelete
  23. Kayaknya anaknya cocok jadi brand produk ya Mba. Habis menggemaskan banget deh... Mitu memang paling cocok buat baby.

    ReplyDelete
  24. Lucu banget liat foto-fotonya, memang mitu baby pas banget buat bayi. Ini aku suka bawa kemana-mana, apalagi bawa batita yang rawan belepotan dan kotor kalau main. Hidup sekarang mudah dengan mitu baby

    ReplyDelete
  25. Dari dulu ak selalu stok dirumah dan ditas dimpel banget untuk bersih-brrsih tubuh anak

    ReplyDelete
  26. Kalau bepergian, terutama bepergian jauh aku juga suka bawa mitu atau tisu basah lainnya.

    ReplyDelete
  27. Perlengkapan wajib dalam tas ya Wen . Apalagi anak-anak lagi masanya "ngider" hahaha

    ReplyDelete
  28. Selama 3 bulan nungguin almarhum kakak di RS sudah begitu mengenal produk Mittu

    ReplyDelete
  29. Iklan Mitu cukup familiar, Mitu lagi Mitu lagi :)

    ReplyDelete
  30. Tissue yang selalu enggak pernah ketinggalan di dalam tas aku. Bahkan sampai saat ini.

    ReplyDelete
  31. suka banget deh sama mitu baby, dr jaman sekolah sampe udah punya baby masih setia sama mitu baby

    ReplyDelete
  32. aku suka pake mitu... apalagi kalau lagi backpacer pasti selalu ada mitu.. karena aku malas mandi ahah

    ReplyDelete
  33. Mitu andalan aku banget dari dulu

    ReplyDelete
  34. Selain di rumah aku juga selalu membawa mitu di dalam tas setiap bepergian bersama si kecil

    ReplyDelete
  35. Aku sampai sekarang selalu bawa Mitu kalau lagi traveling :D

    ReplyDelete
  36. Hae Kak Wenny! Jangankan baby, aku pribadi selalu sedia mitu baby antiseptic di tas. Jaga-jaga kalau butuh tisu basah yang wanginya enak jadi nggak bingung hehehe

    ReplyDelete
  37. Aku juga suka banget dengan MITU malahan stoknya buanyak banget hehehe...

    ReplyDelete
  38. Meminimalkan anak terkena kuman memang ngga tepat kalau dilarang ini dan itu. Bisa membuat perkembangan terganggu malahan. Bawa tissue basah antiseptik bisalah jadi penangkal. Aku sih biasanya sedia di rumah.

    ReplyDelete
  39. Jangankan anak2, aku juga suka setia mitu di rumah. Praktis dan higienis

    ReplyDelete
  40. Sejak punya anak memang lebih ekstra perhatian untuk urusan kebersihan. Mitu Baby selalu ada di tas buat bekal perjalanan

    ReplyDelete
  41. mitu produk yg selalu aku pakai dari jamannya aku masih lajang, wanginya enak dan lembut juga di tangan, setelah aku punya anak makin rutin deh pakai mitu buat ... eymmm bebersih, entah tangan anak yg belepotan coklat, baju kena tumpahan saos de el el ... namanya emak2 ya bawaannya pengin anak bersih XD

    ReplyDelete

Yuk berbagi cerita kalian disini