Ciri- ciri Anak Cerdas Dengan Tanggap Yang Lengkap

May 16, 2018




Undangan Launching Bebelac

10 April 2018, Hill mendapatkan undangan untuk acara launching Bebelac baru. Undangannya sukses bikin Hill kaget dan bikin mama penasaran. Siang itu datang kurir ke rumah membawa dus besar tulisan"Bebelac" dan saat dibuka berhamburan balon putih turmeric dengan informasi acara launching mengenai tumbuh kembang anak keesokan harinya tanggal 11 April 2018.


Di acara launching Bebelac saya belajar banyak hal, terutama cara bagaimana cara mendidik anak yang baik dari segi psikologis. Hadir juga psikolog anak, Ibu Roslina Verauli, MPsi, yang memberikan sharing bahwa anak tidak cukup hanya sekedar pintar secara intelektual saja, mereka perlu tumbuh dengan tanggap yang lengkap, maksudnya adalah cerdas intelektual (cepat tanggap), cerdas emosional (punya rasa peduli), dan cerdas sosial (tanggap bersosialisasi).

Ibu Roslina Verauli, MPsi
Orang tua sangat berperan dalam memberikan stimulasi tepat dalam menumbuhkan mereka menjadi pribadi dengan tanggap yang lengkap. Stimulasi sehari-hari sebagai orangtua sangatlah penting. Anak yang tanggap akan segera memberikan respon, selama ini yang kita pahami tanggap yang cerdas hanya berdasarkan tes kecerdasan dan perkembangan kognitif saja, padahal tanggap sosial penting untuk anak bagaimana dia mampu bekerja sama, mengerti aturan main saat kumpul, mengetahui yang benar dan salah. 

Menurut ibu Roslina Verauli, MPsi, tanggap sosial tidak akan berkembang kalau anak tidak lebih dahulu tanggap secara emosional (peduli dan punya empati). Pertanyaannya adalah bagaimana pola asuh terhadap anak saat di rumah? Memungkinkan kita menjadi anak yang benar gak? Kita mau generasi penerus kita seperti apa? 

Dalam sesi sharing kemarin Ibu Vera memberikan rahasia bagaimana pengasuhan yang baik untuk menjadikan anak tanggap lengkap terutama cara mengendalikan emosi di depan anak, dimana dalam pengasuhan akan selalu ada evil dan angel. Para moms blogger diberikan 2 lembar kertas yang menjadi lambang pengasuhan kita di rumah.

Untuk kertas berwarna merah terdapat beberapa pernyataan negatif (negative parenting)
-kamu cengeng
-penakut
-galak/pemarah
-salah
-kok gitu? (anak diragukan, dipertanyakan),
-kamu bukan anak mama (ada penolakkan)
-anak siapa sih?

Pernyataan untuk kertas berwarna biru/orange/warna lainnya (positive parenting) :
- i love you
- you are oke
- kamu bertanggung jawab
- tenang, ada mama disini
- kamu baik/perhatian/peduli
- pintar/ cerdas
- good job
- kamu bisa/mampu
- wow kamu kerjakan sendiri



Setiap pernyataan di kertas merah ibarat memasukkan "sampah" ke dalam skema berpikir anak sehingga anak akan menghayati dirinya negatif sesuai dengan pernyataan yang kita berikan tersebut. Sementara setiap kita memberikan pernyataan di kertas warna biru/orange/warna lainnya, kita memasukkan satu kristal bening yang indah ke dalam skema berpikir diri sang anak, menghiasi rumah tangga dalam dirinya sehingga anak akan merasa menjadi individu yang kita berikan. Dalam psikologi hal ini disebut "strength'.

Saat  emosinya positif anak akan merasa kompeten, mempunyai penghayatan yang positif pada dirinya, mampu memiliki emosi positif bahkan saat emosi nya sedang negatif. Contoh kecerdasan emosional adalah di saat sedih dia akan berusaha memahami kesedihannya untuk menjadi netral dan positif kembali, sehingga anak akan mampu mengembangkan empati secara optimal.

Selain stimulasi dengan positif parenting dan edukasi, pemenuhan nutrisi juga sangat berperan dalam pertumbuhannya. Bebelac baru memiliki nutrisi yang mendukung si kecil untuk tumbuh hebat dengan tanggap yang lengkap karena mengandung Minyak Ikan dan Omega 6 yang lebih tinggi dibandingkan dengan formula bebelac sebelumnya, FOS;GOS 1;9 yang dipatenkan, serta 13 vitamin dan 9 mineral.


Kesimpulan dari Ibu Roslina Verauli, MPsi, anak yang tanggap emosional akan mudah melakukan cerdas sosial seperti menolong tanpa pamrih, mengerti mana yang benar dan salah. Mari kita tinggalkan negatif parenting untuk anak dan bawa positif parenting ke rumah agar anak-anak kita dapat cerdas emosional.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai tanggap yang lengkap moms dapat melihat langsung ke website bebelac di http://bit.ly/ArticleTanggap2.

Mari jadikan generasi anak kita generasi tanggap yang lengkap dengan stimulasi dan nutrisi yang tepat ya moms (^.^)/. Happy sharing!

Jangan lupa mampir juga ya ke cerita bagaimana membangun ikatan cinta Ibu dan anak bersama Little Bee.


11 comments:

  1. Rata-rata kids jaman now udah terlihat sejak bayi, ya 😁
    Ponakanku sejak bayi udah tau gunain gadget segala .. 😃
    Tau loh tombol2nya.

    ReplyDelete
  2. Seneng bnget punya anak cerdas trs kita tahu tumbuh kmbangnya, bebelac susu anakku jg lg kecil

    ReplyDelete
  3. kecerdasan hrs dilengkapi dengan kecerdasan mnegelola emosi dan attitude ya

    ReplyDelete
  4. Waah bunda dan putrinya kompak bajunya. Memang penting nih ya pendidikan karakter utk anak.

    ReplyDelete
  5. Hill emessss, asyik ya ada playground. Si kecil bisa main sementara ibunya belajar parenting.

    ReplyDelete
  6. Kecerdasan anak harus didukung dengan stimulasi2 juga ya. Seneng deh klo anak kita tumbuh dengan baik.

    ReplyDelete
  7. Hallo cantik sehat terus ya dan tambah pintar, dukungan orangtua sangat penting dalam perkembangan anak

    ReplyDelete
  8. Hallo cantik sehat terus ya dan tambah pintar, dukungan orangtua sangat penting dalam perkembangan anak

    ReplyDelete
  9. Dengan bebelac tumbuh kembang anak semakin lengkap ya Mba. Sehat terus ya dedek gemes... Salam cium...

    ReplyDelete
  10. iya bener, stimulasi dari orang tua memang penting. selain itu dibutuhkan juga makanan bergizi dan susu. minum Bebelac juga bagus buat tumbuh kembang anak

    ReplyDelete
  11. makasih sharingnya kaka. emnang susu itu penting untuk tumbuh kembang anak ya kak

    ReplyDelete

Yuk berbagi cerita kalian disini

Powered by Blogger.