Berbagi Cerita Lewat Tulisan

Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Satu pekan lalu, tepatnya hari Rabu, 30 September 2020, saya mengikuti Seminar Online Bareng Blogger "Yuk Disiplin, Covid-19 Ambyar" yang diselenggarakan oleh Kementrian Kesehatan. Miris sekali mengetahui bahwa masih ada beberapa masyarakat yang tidak mematuhi protokol pencegahan dan pengendalian Covid-19 yang telah disampaikan pemerintah, sementara virus Covid-19 sendiri sudah bermutasi. Dr. Riskiyana S. Putra, M. Kes selaku Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, menyampaikan bahwa untuk menekan penyebaran virus Covid-19 cukup dengan 3M:

  1. Memakai Masker.
  2. Menjaga Jarak.
  3. Mencuci Tangan Pakai Sabun.
adaptasi kebiasaan baru

Dan yang perlu diubah saat ini adalah norma individu dan norma masyarakat. Masyarakat harus beradaptasi dengan kebiasaan baru yang dimulai dari lingkup terkecil, yaitu KELUARGA. 

memakai masker

Dr. Rose Mini Agus Salim, M.Psi. atau yang akrab dipanggil Bunda Romi, menyatakan ada beberapa cara untuk meningkatkan kesadaran diri dalam adaptasi kebiasaan baru, yaitu:
  1. Perkuat moral virtue.
  2. Kenali manfaat 3M (Menggunakan masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan pakai sabun).
  3. Terapkan kebiasaan konsisten.
  4. Mulai dari diri sendiri dan jadi contoh untuk lingkungan sekitar kita.

Selain upaya pemerintah dalam meningkatkan literasi melalui diseminasi informasi positif kepada seluruh lapisan masyarakat untuk dapat mengikuti protokol kesehatan dan beradaptasi dengan kebiasaan hidup baru, peran serta masyarakat itu sendiri juga penting, dalam hal ini terutama influencer dan blogger.

Wardah Fajri atau yang biasa akrab dipanggil Kak Wawa, Founder dan Mentor Komunitas BloggerCrony, menjelaskan bahwa BloggerCrony sebagai salah satu komunitas pun menjadi fasilitator blogger anggota komunitas untuk menyebarkan pesan positif pro-kesehatan gerakan nasional #SelaluPakaiMasker di media sosial. 



kegiatan bcc squad
Selain itu selama pandemi ini BloggerCrony bersama dengan para membernya juga sering melakukan diskusi virtual hingga sharing aktivitas keseharian di whatsapp group, karena sejatinya komunitas kita harus saling terhubung, punya rasa tanggung jawab, dan memiliki peran masing-masing.

quotes community


Sudahkah kita berperan dalam menerapkan 3M di dalam keluarga sendiri? Mari patuhi protokol kesehatan dimulai dari diri sendiri, karena masker ku menyelamatkan mu,masker mu menyelamatkan ku!

Stay Safe and Keep Healthy!

No comments:

Post a Comment

Yuk berbagi cerita kalian disini

Bottom Ad [Post Page]