Tuesday, March 20, 2018

Menu Gizi Seimbang SO GOOD Siap Masak

Piring Gizi Seimbang SoGood

Gizi Seimbang

Hmm... Apa sih Gizi Seimbang? Kalau saya mah tau nya dari dulu 4 sehat 5 sempurna yang terdiri dari makanan pokok (nasi, kentang, umbi-umbian), lauk pauk, sayur-sayuran, buah-buahan, dan disempurnakan dengan susu. Gak ada yang salah sebenarnya dengan 4 sehat 5 sempurna, namun pedoman tersebut dianggap sudah tidak sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi gizi. Karena pada prakteknya banyak orang yang makan tidak memperhatikan asupan gizi yang masuk, yang penting perut terasa kenyang [ini mah saya bangettt! (T.T)]. Kalau saya lihat-lihat lagi menu gizi seimbang itu sebenarnya hampir sama dengan 4 sehat 5 sempurna, hanya saja gak ada tambahan 'susu', dan di menu gizi seimbang lebih mendetail jumlah dan porsi dari ragam makanannya sehingga diharapkan nantinya memenuhi kebutuhan gizi seseorang. Sementara kebutuhan gizi setiap orangnya berbeda tergantung dari usia, jenis kelamin, dan aktivitas masing-masing orang.

Baca Juga : Menu Piring Gizi Seimbang 

Dari Departemen Kesehatan RI sendiri menganjurkan agar seseorang mengonsumsi aneka ragam makanan. Maksudnya aneka ragam seperti apa? Hidangan yang disajikan minimal terdiri dari 4 kelompok bahan makanan dengan total seluruhnya 100% seperti gambar piring gizi seimbang di atas, yaitu :
  1. Protein 15%, misalnya: kacang-kacangan, tempe, tahu, telur, ikan, daging, dsb.
  2. Karbohidrat 35%, misalnya: beras, jagung, ubi kayu, kentang, sagu, dsb.
  3. Buah 15% + Sayur 35%, buah misalnya: pisang, apel, pepaya, jeruk, mangga, dsb. Sayuran: wortel, bayam, kangkung, sawi, dsb.

Protein

Nah, sekarang ini saya mau bahas salah satu kelompok saja, yaitu PROTEIN . Protein sendiri ada 2 macam, Nabati (kacang-kacangan, biji-bijian, gandum) dan Hewani (telur, keju, daging, ikan). Kenapa protein ini penting? 
  • merupakan sumber energi, 
  • membantu meningkatkan massa otot, 
  • produksi hormon, 
  • membangun, memelihara, dan mengganti jaringan tubuh yang rusak.
Kalau soal masak memasak saya udah keburu minder duluan, pasalnya saya cuma bisa tumis sayur dan goreng menggoreng (T.T), bikin sop aja baru bulan ini nyoba dan untungnya berhasil (anak doyan). Karena itu di kulkas pasti saya sedia bahan makanan praktis yang bisa langsung masak atau diolah gak pakai ribet. So Good menjadi penyelamat saya, mamak gak bisa masak jaman now. Apalagi So Good merupakan produk protein hewani dengan bahan baku ayam, daging, bahkan seafood. Jadi sekarang saya gak perlu bingung lagi kalau mau bikin masakan dengan kelompok protein.

Yuk Baca : Resep MPASI Bakso Homemade

Sekilas Tentang So Good

So Good sudah berdiri sejak tahun 1999 dimana berfokus pada penyediaan makanan praktis yang kaya akan sumber protein hewani dengan 2 kategori utama yaitu So Good Ayam Potong dan So Good Siap Masak.

Atas: So Good Ayam Potong, bawah: So Good Siap Masak 
So Good memiliki komitmen untuk pertumbuhan gizi bangsa dengan menghadirkan produk-produk protein berkualitas tinggi yang kaya akan kandungan gizi, lezat, higienis, serta praktis dengan harga terjangkau dan juga bersertifikasi HALAL. Di samping itu komitmen So Good terhadap kualitas produknya dengan memastikan proses peternakan yang baik, diproduksi dengan teknologi modern standar internasional hingga sampai dikonsumsi oleh konsumen seluruh Indonesia. 

Yuk Baca Lagi : Resep MPASI Bakso Goreng

Menu Gizi Seimbang So Good Siap Masak

Menu Gizi Seimbang So Good Siap Masak ala Chef Wenny 
Setelah membaca dan mencoba memahami komposisi tentang Piring Gizi Seimbang, saya memutuskan membeli So Good siap masak saja, karena anak saya belum terlalu mau makan daging ayam (mungkin karena giginya masih 8 belum bisa nguyah daging yang berserat secara sempurna). Bingung juga dari yang awalnya saya mah makan apa aja yang penting kenyang, mau karbohidrat sama sayur saja atau karbohidrat sama protein saja, mendadak nyiapin masakan yang komplit ada karbohidrat, protein, sayuran, dan buah. Akhirnya jadilah menu yang sederhana ini :
  1. Karbohidrat : Nasi dan Kentang untuk menghias
  2. Protein Hewani : So Good siap masak Chicken Nugget 
  3. Sayuran : Sawi putih tumis bawang putih
  4. Buah : Pepaya
Yuk share juga Menu Gizi Seimbang ala kalian (^,^)9.

Jangan lupa baca : Cegah Infeksi Saluran Kemih Dengan Prive Uri-Cran








8 comments:

  1. mamak-mamak jaman NOW memang paling dibahagiakan dengan adanya produk makanan praktis untuk diolah, dimasak, tapi tetap memperhatikn gizi seimbang ya untuk asupan umbuh kembang anak juga mamaknya tentu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener mbak. Harus pintar memilih produk siap saji.

      Delete
  2. kalo lagi malas masak terus malas keluar emang paling enak buatin makanan buat anak dari sogood banyak pilihan jadi gak bosan juga dan tetap bergizi juga

    ReplyDelete
  3. kalau anakku dikasih nugget malah belum doyan. jadi emaknya yang sering makan nugget. hihi

    ReplyDelete
  4. Hmmm, pastinya enak banget iniiiii... praktis lagi.

    ReplyDelete

Yuk berbagi cerita kalian disini