Tuesday, June 5, 2018

Stimulasi Tepat Untuk Perkembangan Sosial Anak


Memasuki usia Hill 19 bulan, makin banyak tingkah lucu dan tidak terduga dari si kecil. Semenjak lahir saya memang sangat senang mengajak Hill bicara, entah saat ia menangis, saat menyusui, saat mandi, saat memakaikan baju, saat mengganti popok, dan aktivitas lainnya. Sampai-sampai mertua saya pernah nyeletuk, "mama bawel ya Hill ngomong terus." Walaupun saya tahu itu sindiran bahwa saya berisik, tapi saya tidak peduli, karena berdasarkan apa yang saya baca dan saya dengar dari para pakar saat seminar parenting anak alangkah baiknya si kecil diajak berinteraksi sejak dini, walaupun belum bisa merespon secara verbal, namun sesungguhnya anak tersebut mendengarkan dan secara tidak sadar hal tersebut mempengaruhi tumbuh kembang anak

Stimulasi verbal tentang bagaimana cara mengajari anak bicara, maupun fisik sangat penting dalam periode emas si anak, yaitu 1000 hari pertama sejak anak lahir, bahkan beberapa mengatakan dari dalam kandungan telah dimulai prosesnya. Ketika sudah dapat duduk tegak (usia 6-7 bulan) saya mulai mengenalkan board book kepada Hill, walaupun hanya dibolak balik saja. Beberapa kali bolak balik saya ajak dia untuk sabar membuka halaman satu demi satu sambil membacakan cerita dari buku tersebut. 


Sekarang saya sudah merasakan perkembangan bahasa anak dan bisa berkomunikasi dua arah dengan Hill, apa yang saya katakan pasti diikuti olehnya, bahkan bila saya bertanya dia sudah bisa mengerti dan menjawab. Rasanya sangat terharu dan membahagiakan. Selain cepat meniru perkataan saya, Hill juga dengan tanggap dapat meniru tindakan yang saya ajarkan, misalkan menyuap makanan ke dalam mulut, meletakkan mainan ke tempat semula, mempraktekan lagu nina bobo dengan menggendong bonekanya, dan masih banyak hal lainnya.

Selain itu yang membuat saya tidak habis pikir dia senang sekali membawa mainan miliknya saat mau bermain ke tempat keponakan (Hill memanggilnya dede). Kalau saya berkata, "ayo Hill kita ke tempat dede." Dengan sigap ia langsung mengambil mainan dan tas, memberikan kepada saya sambil berkata, "dede.. dede." (artinya: kasih buat dede). Benar saja sesampainya di tempat keponakan dia langsung melepas tas dan mengeluarkan mainan sambil menyodorkan kepada dede nya. Kalau dede nya mengambil dia akan langsung tertawa. Melihat hal tersebut tersirat rasa bangga terhadap putri pertama saya tersebut dimana sudah mulai terlihat perkembangan sosial anak tersebut.




Kalau saya rangkum, berikut perkembangan Hill hingga usia 19 bulan saat ini :
  • INTELEKTUAL
    • Dapat meniru perkataan saya dan orang sekitar.
    • Bersenandung saat mendengar nyanyian sambil kadang menari.
    • Memahami petunjuk yang diberikan.
  • EMOSI
    • Bila ingin sesuatu sampai menangis dapat dialihkan dan setelah reda mau mendengarkan penjelasan saya walaupun sambil cemberut.
  • SOSIAL
    • Berbagi mainan dengan adik sepupunya.
    • Mudah akrab dengan orang lain.
    • Mengerti bila saya marah dan meminta maaf.
Selain stimulasi dari Ibu, untuk mendukung pertumbuhan anak dan perkembangan anak juga diperlukan nutrisi dari  asupan makanan utama, cemilan, dan susu. Untuk anak dengan usia di atas 1 tahun dapat diberikan  susu sebanyak 3-4 kali. Untuk memenuhi nutrisi dalam bentuk cair, saya berikan Hill Bebelac baru yang telah disempurnakan dan mengandung :
  • Minyak Ikan dan Omega 6 yang ditingkatkan, karena dari sini nutrisi yang dibutuhkan untuk masa emas pertumbuhan anak (1000 hari pertama anak). Omega 3 dan 6 penting sebagai nutrisi otak anak. 
  • FOS:GOS 1:9, fungsinya untuk saluran cerna yang sehat bagi anak.
  • 13 Vitamin dan 9 mineral
Yuk langsung kunjungi website bebeclub tentang membesarkan anak dengan tanggap yang lengkap! Happy Sharing \(^.^)/.

11 comments:

  1. saya setuju mbak selain stimulasi dari luar, nutrisi dari dalam tubuh juga penting buat tumbuh dan kembang anak.

    ReplyDelete
  2. Anak emesss nih pinter banget bergaya. Semoga sehat ya Hillary nemenin mama ngeblog

    ReplyDelete
  3. Hill pinter nih. Main di luar memang sangat bagus utk stimulasi anak ya.

    ReplyDelete
  4. Hai Hill...
    Anak anak mudah sekali meniru apa yang mereka lihat, kalau Hill sudah bisa berbagi, karena memang mamahnya yang memberi contoh seperti itu...

    ReplyDelete
  5. seneng ya kalau bisa memantau sendiri tumbuh kembang anak

    ReplyDelete
  6. hill lucu bgt deh ante jd emessh..psti karena mamanya kasih nutrisi yg tepat ya slh satunya dari susu

    ReplyDelete
  7. Wah Hill pinter...
    Eh, susunya samaan kyk anakku, suka Bebelac jg soalnya nutrisinya jauh lbh lengkap :D

    ReplyDelete
  8. Hill pandai banget yaa .. sudah pintar berbagi sama adik bayi :-)

    ReplyDelete
  9. Anaknya pinter banget neh, bikin ngiri banyak orang. Semoga sehat selalu dan tumbuh besar dengan tanggap yang lengkap

    ReplyDelete
  10. Perkembangan Hill secara intelektual, emosi, dan sosial bagus banget ya, Kak. Ini mesti berkat mamanya yang memperhatikan asupan gizi seimbang dan stimulasi yang tepat ya. Semoga Hill sehat selalu

    ReplyDelete
  11. I am regular reader, how are you everybody? This article posted at this web page is actually fastidious.

    ReplyDelete

Yuk berbagi cerita kalian disini