Mengatasi Alergi Pada Anak

December 16, 2017
Kondisi Hill saat hari kedua, tampak bintik-bintik merah pada wajah 
-HEALTH-
Sejak hari kedua lahir, Hill di diagnosa oleh dsa mempunyai bakat alergi karena wajah dan badannya merah-merah. Akhirnya oleh dsa Hill diberikan sabun mandi dan krim khusus alergi (hypoallergenic). Jadi, sejak new born saya sangat khawatir dan berhati-hati sekali saat ingin menggunakan sabun, krim, ataupun minyak lainnya kepada Hill. Saya lebih banyak mengikuti saran dokter daripada mencoba yang disarankan oleh mertua ataupun ipar. Karena bagi saya setiap anak itu unik dan berbeda, sehingga penanganan dalam setiap kasus alergi tidak dapat disamaratakan. Apalagi saat itu Hill belum diketahui pasti alergi apa.
  1. Berikut rangkuman dari yang saya lakukan saat 6 bulan pertama Hill lahir :
  2. 1. Pakai sabun mandi dan lotion yang direkomendasi oleh dokter.
  3. 2. Tidak coba-coba pakai minyak telon, baby oil, dan krim lainnya (karena menurut dsa Hill bisa menjadi salah satu pemicu alergi).
  4. 3. Mencuci popok dan baju Hill dengan sabun khusus dan tanpa mesin cuci.
  5. 4. Melakukan observasi makanan yang saya konsumsi setiap hari (karena Hill Full ASI) apakah ada yang menjadi pemicu alergi si anak.
  6. 5. Membersihkan kamar dan tempat tidur Hill setiap hari, karena debu merupakan salah satu pemicu alergi juga.
  7. 6. Menjaga suhu ruangan agar tidak panas atau terlalu dingin.
Dan akhirnya dari pantauan tersebut dapat disimpulkan bahwa Hill tidak alergi makanan melainkan lebih ke debu dan suhu ruangan.
Apapun bentuk alergi pada anak moms, sebaiknya ikuti saran dokter anak, jangan coba-coba “bandel”. Karena saya pernah seperti itu dan malah jadi merah-merah lagi kulit Hill.
Hill saat ini, jauh lebih baik dari 6 bulan pertama 
Feel free if you want share your stories in my comment. Happy sharing ya moms. 

No comments:

Yuk berbagi cerita kalian disini

Powered by Blogger.