Tuesday, April 3, 2018

Apakah Tidur Anda Berkualitas?

Living Soul Plaza Indonesia
Living Soul Butik di Plaza Indonesia

Serta Gathering
Ngobrol Santai Bersama SERTA Komunitas

The Essentials of Healthy Lifestyles adalah tema ngobrol santai bersama SERTA komunitas Rabu, 21 Maret 2018 yang berlokasi di Living Soul Butik Plaza Indonesia. Siang itu kami mengobrol tentang SMS (Sleep, Meal, Sport) dimana ketiga hal tersebut saling berkaitan satu sama lain. Dan alasan utama saya sangat tertarik ikut ngobrol santai siang itu karena kualitas tidur saya yang menurun drastis sejak melahirkan. Bukan hal aneh bagi para moms yang mempunyai anak jam tidur akan berubah drastis, bahkan tidak jarang tidur malam terputus-putus setiap 2 jam (baca: si kecil bangun minta ASI). Ternyata siklus tidur yang seperti itu sangat mempengaruhi emosional kita. Gak jarang jadi bete sepanjang hari, atau semua yang ngajak ngobrol jadi pelampiasan kita. Yuk mulai ubah kebiasaan tidur kita yang salah mulai saat ini demi diri sendiri dan keluarga tentunya.


Sleep

SLEEP

Ngomongin soal tidur, kebanyakkan menganggap bahwa tidur sebagai akhir dari seharian aktifitas yang kita lewati, padahal sebenarnya tidur merupakan awal kita memulai hari. Coba ya kita renungkan sejenak, pagi hari saat kita bangun kalau kurang tidur apa yang akan kita rasakan? Lelah, bad mood, pusing, dan hal negatif lainnya. Sebaliknya kalau tidur kita cukup pasti pagi hari kita bangun dengan badan yang segar dan nyaman untuk melakukan aktifitas seharian itu. 

Oleh karena itu, setiap individu pasti memiliki kebutuhan yang berbeda dalam hal tidur. Setiap konsumen memiliki banyak kebutuhan saat tidur, antara lain :
48% Kenyamanan
49% Penyangga badan/ tulang belakang
29% Suhu ruangan

3 posisi tidur yang paling dianjurkan :
1. Posisi tidur terlentang
2. Tengkurap
3. Tidur miring

Dan tahukah kalian bahwa menurut penelitian kurang tidur selama 3 minggu dapat menyebabkan kematian, duh serem banget pas diinfoin tentang hal ini, karena pas awal menyusui selalu kurang tidur.

Serta Mattress
SERTA - Always Comfortable
Lalu bagaimana cara mengukur tidur yang berkualitas sih? Tidur berkualitas dibagi menjadi 2 klasifikasi dan 5 tahapan sebagai berikut :

NREM: Non - Rapid Eyes Movement 
1. Transisi dari sebelum tidur menjadi tidur
2. Tidur ringan
3. Transisi dari tidur ringan menuju tidur nyenyak 
4. Tidur nyenyak untuk memulihkan kesehatan fisik

REM: Rapid Eyes Movement
5. Tahap pemulihan kesehatan mental dan emosional

Umumnya kita akan menghabiskan lebih banyak waktu di stage 4 (tidur nyenyak) dan REM Sleep di 2 jam terakhir dari 8 jam waktu tidur.

Serta Matress Product
Bagian dari SERTA Mattress

Mukti Argo Pambudi
Bapak Mukti Argo Pambudi Perwakilan dari SERTA
Kalau bicara soal kenyamanan, tentunya berhubungan dengan alas tidur kita kan? Pada kesempatan siang menjelang sore itu, Bapak Mukti Argo Pambudi selaku perwakilan Serta memberikan informasi kepada kami Kumpulan Emak Blogger mengenai produk Serta yang mengedepankan kenyamanan untuk konsumen sesuai dengan slogannya "Always Comfortable". Serta sendiri merupakan brand mattress no.1 di USA.

koleksi Produk Serta
SERTA Collection
Beberapa produk yang dimiliki oleh Serta antara lain: 
  1. Naturel, di design untuk memberikan kenyamanan saat tidur
  2. Ipedic, kasur pertama di Indonesia yang dilengkapi dengan sistem pendingin dikainnya untuk memberikan efek dingin dan kenyamanan saat tidur
  3. Perfect Spine, akan mengikuti tulang punggung Anda untuk mendukung kenyamanan dan peremajaan pada saat tidur.
  4. Serta Jr, di design untuk mendukung pertumbuhan anak dengan kenyamanan yang sempurna dengan bahan anti alergi.
Serta
Udah cocok kan jadi Brand Ambassador SERTA??! (^.^)v

alvin hartanto
Alvin Hartanto - Nutritionist

MEAL

Lalu kembali lagi dengan bahasan kenapa kurang tidur dapat menyebabkan penyakit bahkan hingga kematian? Karena ternyata pola tidur kita sangat berpengaruh terhadap nutrisi dan kesehatan. Alvin Hartanto yang merupakan seorang nutrisionis siang itu memberikan informasi bahwa tidur itu penting, karena :
  • Saat tidur otak kita beristirahat dan berpengaruh terhadap kreativitas
  • Mengurangi stress
  • Istirahat fisik (otot, sendi, tulang)
  • Istirahat organ (detox)
  • Meningkatkan hormon di tubuh
  • Meremajakan sel-sel di tubuh
  • Memberikan efek "Self Healing"

Saya pun bertanya-tanya dalam hati, tidur cukup itu berapa jam sih? Ternyata tidur cukup itu berbeda-beda di tiap rentang usia.
  • Bayi (0-11 bulan)                          : 14-17 jam per hari
  • Balita (1-2 tahun)                          : 11-14 jam per hari
  • Anak pra-sekolah (3-5 tahun)     : 10-13 jam per hari
  • Anak usia sekolah (6-13 tahun) : 9-11 jam per hari
  • Remaja (14-17 tahun)                  : 8-10 jam per hari
  • Orang dewasa (18-64 tahun)       : 7-9 jam per hari

Tidur cukup akan berpengaruh pada metabolisme tubuh, karena saat malam hari hormon kita akan mencapai puncaknya dan terjadi proses pembakaran lemak yang disebut "LIPOSIS". Ketika kita cukup tidur, kita akan membakar lemak lebih banyak, sementara proses liposis yang tidak efektif bisa meningkatkan Trigliserida dalam darah yang nantinya bisa menaikkan kolestrol kita.

quote

Baca Dulu : Menu Gizi Seimbang SO GOOD Siap Masak

Keluarga adalah segalanya dan hadiah terbaik yang dapat kita berikan bagi keluarga adalah KESEHATAN, untuk menjaga kesehatan sebenarnya hanya butuh 4 cara :
1. Konsumsi makanan yang alami
2. Olahraga 2-3 kali seminggu
3. Tidur
4. Ulangi kembali dari langkah 1

diana elsa vonie
Diana Elsa Vonie - Yogist

SPORT

Olahraga yang dimaksud disini bukan olahraga berat seperti lari 5KM, 10KM, 15KM, dst, melainkan olahraga relaksasi. Pada sesi "Sport", Mbak Diana Elsa Vonie, mengajarkan bagaimana melakukan relaksasi nafas, otot, dan pikiran. Ternyata bernafas yang baik itu melalui perut, saat menarik nafas perut membuncit dan saat mengeluarkan nafas perut masuk ke dalam (kalau belum terbiasa boleh dibantu tangan untuk menekan perut ke dalam saat mengeluarkan nafas). Teknik ini sebenarnya umum diajarkan dalam olahraga Yoga (dulu saya sempat ikut kelas yoga dan benar kalau dalam yoga pelajaran yang paling mendasar pasti teknik bernafas). 

Setelah berhasil melakukan relaksasi nafas dengan sendirinya otot-otot kita yang tegang juga akan rileks, kita hanya perlu meregangkan tangan dan kaki dengan serileks mungkin. Menarik otot-otot lengan ke depan, belakang, dan samping. Sesi ini menurut saya paling seru karena langsung praktek. Bahkan mbak Diana sampai membagikan pendulum ke setiap peserta yang hadir agar dapat praktek relaksasi pikiran.

pendulum
Pendulum
Salah satu kegunaan dari pendulum adalah DOWSING atau mengendalikan alam bawah sadar. Contoh sederhana nya untuk mencari benda yang kita lupa taruh mana. Kita dapat berkonsentrasi pada pendulum dan secara tidak sadar pendulum akan bereaksi terhadap pikiran kita dan membantu menentukan arah dimana benda hilang tersebut. Seru banget waktu kami diminta berkonsentrasi pada pendulum dan membuat pendulum tersebut bergerak kiri-kanan hingga berhenti. Saya termasuk yang belum bisa membuat pendulum berhenti (T.T).

hypnotherapy
Praktek Hypnotherapy
Baca Juga : Impian Menjadi Kenyataan Bukan Hal Mustahil

Sebagai penutup sesi terakhir mbak Diana mempraktekkan teknik Hypnotherapy dengan menggunakan pendulum kepada salah satu blogger yang dilanjutkan dengan gerakkan dasar yoga. Hmmm... Olahraga ringan ini ternyata dampaknya pun besar loh untuk kesehatan kita. Sekarang gak ada alasan lagi gak punya waktu olahraga kan? (^,^)v


Mukti Argo Pambudi, Diana Elsa Vonie, Alvin Hartanto
Ki-Ka : Bapak Mukti Argo Pambudi - Mba Diana Elsa Vonie - Alvin Hartanto

Bantal Serta
Bantal Boneka dari SERTA
Setiap peserta yang hadir selain pulang dengan banyak ilmu juga membawa bantal Domba SERTA yang menjadi icon dari produk SERTA.

Nano Gel Serta
Nano Gel Pillow  SERTA 
Hari itu sepertinya dewi fortuna sedang merangkul saya, tidak tanggung-tanggung saya memboyong 2 buah bantal SERTA dimana salah satunya bantal Nano Gel SERTA! Tidur saya jadi tambah berkualitas nih pakai bantal SERTA (^o^)9.

Bagaimana dengan tidur kalian temans, sudah berkualitas kah? (^.^)



SERTA INDONESIA
(021) 5536683
http://www.serta.co.id/


13 comments:

  1. Huhu yg bawa pulang bantal 2,,, makin happy tidur berkualitas penting bngt sama halnya dng makn n olah raga y

    ReplyDelete
  2. bantal domba sertanya imut banget ya kak. wihh dapet dua bantal ya. makin nyenyak deh bobonya.

    ReplyDelete
  3. Suhu ruangan yg terlalu dingin bisa bikin gak tidur, sedangkan suhu ruangan panas apalagi seprai bahan gak nyerap keringat bisa bikin gak bisa bobo pula

    ReplyDelete
  4. Aku paling gampang tidur asal kasur empuk dan udara sejuk.

    ReplyDelete
  5. Aaiihhh asiknya yg dapet bantal nano gel, tidurnya jadi tambah berkualitas dong kaka. Hihihi

    ReplyDelete
  6. Pasti sangat penting ya demi kualitas istirahat yang nyaman,, tapi kalau kasurnya kemahalan malah ga nyaman di dompet ya mba :(

    ReplyDelete
  7. Baru belakangan ini tidurku nyenyak setelah berhasil menyapih. Dulu sih kebangun terus tiap malam

    ReplyDelete
  8. mau juga bantal Serta biar tidurnya makin pulas mba

    ReplyDelete
  9. Jadi penasaran dengan kasur sertanya. Tapi mahal ga ya...

    ReplyDelete
  10. Tidur berkualitas itu sangat penting untuk siapapun, terlebih seorang yang giat bekerja, tidur berkualitas menjadi sebuah kebutuhan. Kasur SERTA adalah jawaban nya.

    ReplyDelete
  11. Tidur berkualitas itu adalah tidur yg ditemenin. Wkwkwk #kidding

    Hypnotherapy nya menarik, trnyata malah jd bagian dr olahraga. Lbh tepatnya olah nafas..

    ReplyDelete
  12. whoaaaa kasur impian banget tuh.. kebayang bakal mankin nyenyak tidur pake itu, hehehe..

    ReplyDelete

Yuk berbagi cerita kalian disini